Team

Profil singkat

Yayasan Konservasi Ekosistem Alam Nusantara (KIARA) merupakan organisasi nirlaba yang telah tercatat dalam lampiran keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada tanggal 23 September 2020 dengan nomor AHU-0016632.AH.01.04. tahun 2020.

Inspirasi terbentuknya KIARA tidak terlepas dari keberadaan Javan Gibbon Research and Conservation Project, sebuah proyek penelitian jangka panjang yang berfokus kepada penelitian perilaku Owa Jawa di hutan Citalahab, Resort Cikaniki – Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang berlangsung sejak tahun 2007 hingga saat ini.

Untuk mendukung upaya konservasi yang telah dilakukan, maka KIARA hadir dengan membawa misi untuk mengintegrasikan dan mengarusutamakan upaya konservasi bagi hidupan liar dan juga habitatnya agar lebih membumi melalui tiga program utama: riset, pendidikan konservasi dan pengembangan sumber daya manusia.

Pengawas

Darmawan Liswanto
Pengawas
More than 25 years experience in conservation practices and policy, Wildlife ecology and forest management in supporting sustainability. Indonesia Programme Director FFI – Indonesia Program pada tahun 2009 – 2016, board member Yayasan Palung dan pendiri Yayasan titian lestari.
Dr. Mirza Dikari Kusrini
Pengawas
pengajar di Departemen Konservasi Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, IPB University. Sebelumnya, Mirza telah berhasil meraih gelar PhD di Cook University, Queensland Australia dan berhasilkan menyelesaikan gelar Masternya di bidang studi Management Lingkungan dan Sumberdaya Alam, IPB University. Sebagai pengajar, Mirza ditugaskan mengajar tentang ekologi satwa liar, metodologi penelitian, penulisan akademik, perilaku hewan dan polusi lingkungan. Di samping kesibukannya mengajar, Mirza juga aktif dalam Perhimpunan Penggalang Herpetologi Indonesia (PHI).

Pembina

Sugeng Raharjo
Pembina
9 years experience in cross cutting issues on conservation, community & government engagement, 3 years experience as specialist in training design & publications. 2 year experience as Natural resource management (NRM) policy specialist. 3 years experience NRM planning specialist; 2 years experience as NRM provincial coordinator; 2 years experience as deputy area manager timber concession holding company. 3 years of experience in the field of environmental freelance consultant.

The Team

Rahayu Oktaviani
Team
Primatologist. Akrab dipanggil ayu atau toa. Lulusan S2 dari Ewha Womans University, Korea Selatan dan S1 jurusan konservasi sumberdaya hutan dan ekowisata, Fakultas Kehutanan IPB. Aktif berkarya dalam upaya pelestarian owa jawa melalui riset dan edukasi di Javan Gibbon Research and Conservation Project. Pada tahun 2020 medapatkan Charles Southwick Education Commitment Award dari International Primatological Society (IPS) untuk komitmennya dalam menyebarluaskan upaya konservasi owa jawa bagi generasi muda.
Hery Sudarno
Team
Experienced in wildlife biodiversity assessment and environmental services, especially with the technical experience and expertise for terrestrial biodiversity, big mammals and small mammals (Rodentia & Chiroptera) and also ecosystem services. Have passion on wildlife photography especially mammals, birds, and herpetofauna, his works was uploaded on instagram account.
Andhy Priyo Sayogo
Team
Pria yang akrab dipanggil Alek ini terlahir sebagai pecinta burung di alam liar. Kecintaan pada pengamatan dan fotografi burung bermula dibangku kuliah jurusan Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata, Institut Pertanian Bogor. Sejak saat itu, binokuler dan kamera tidak lepas dari tangannya kemanapun ia pergi, ia terus menekuni hobi fotografi burung dan menulisnya. Salah satu buku yang telah ia terbitkan adalah Burung-burung di Gunung Bondang.
Andi Nugraha Cahyana
Team
GIS Specialist. Menyelesaikan S2 di program studi Konservasi Biodiversitas Tropika (KVT) fakultas Kehutan IPB dan S1 di jurusan konservasi sumberdaya hutan dan ekowisata, Fakultas Kehutanan IPB dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dalam bidang sistem informasi geografis dan pengelolaan database.
Aris Hidayat
Team
Lulus S2 dari Program studi Manajemen Lingkungan Pascasarjana Universitas Pakuan-Bogor dan menyelesaikan S1 di Jurusan Konservasi Sumber Daya Hutan Fakultas Kehutanan Universitas Nusa Bangsa-Bogor dan berkarya lebih dari 10 tahun di International Animal Rescue Indonesia. Saya seorang yang profesional dalam tata kelola manajemen organisasi dan keadministrasian. Berpengalaman dalam membangun komunikasi dan kerjasama kemitraan baik dengan pemerintah maupun swasta, menyusun dokumen kerjasama dan perencanaan program serta pengurusan perijinan program dan penelitian terkait konservasi satwa dan habitatnya. Sangat tertarik dalam pengembangan organisasi, manajemen pengelolaan satwaliar, manajemen pengelolaan kawasan konservasi, restorasi habitat, pemberdayaan dan pendampingan masyarakat, konservasi satwa dan habitatnya.
Wahhab Al aziz
Team
Lulusan S1 dari Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan & Ekowisata, Fakultas Kehutanan, IPB pada tahun 2019 dengan minat di bidang konservasi satwaliar, khususnya burung. Memiliki pengalaman dalam konsultasi di bidang kehutanan dan pertambangan, seperti penilaian HCV, survey dengan camera trap, dan monitoring satwaliar. Semasa kuliah aktif di organisasi yang berkegiatan di bidang konservasi dan menekuni dunia fotografi satwaliar serta aktif mengikuti kegiatan komunitas fotografi satwaliar.
Fauzia Yudanti
Team
Dari kecil tinggal di Bandung lalu ketika kuliah mulai tinggal di Bogor untuk melanjutkan studi di Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Kelautan IPB sejak tahun 2014 dan kemudian lulus S1 di tahun 2018. Aktif dalam organisasi mahasiswa yang berfokus pada kegiatan konservasi flora dan fauna dan membuatnya tertarik untuk menyelam lebih dalam di aksi konservasi, terutama terkait pendekatan dari sisi edukasi.